Senin, 19 September 2011

Hal - Hal yang ter - ... di Dunia (part II)

  • Negara Terkecil
Negara terkecil dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk adalah Vatikan. Negara ini berada di dalam kota Roma, Italia. Total wilayah Vatikan adalah 0,44km² dengan jumlah penduduk 890 orang. Vatikan juga merupakan tempat tinggal paus dan pusat gereja katolik. Paus adalah kepala negara Vatikan. Namun,
pemerintahan dipipimpin oleh seorang gurbernur.  

  • Negara Terbesar
Negara terbesar di dunia adalah Rusia. Luas wilayag Rusia membentang dari sebelah timur Eropa hingga utara Asia. Total luas wilayah Rusia adalah 17.075.400 km². angka ini menunjukan luas wilayah Rusia hampir dua kali lipat dai wilayah Cina, Kanada, dan Amerika Serikat. Luas Cina 9.640.140 km², luas Kanada 9.976.140 km², dan luas Amerika Serikat 9.629.091 km².  

  • Negara Kepulauan Terbesar  
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki 17.504 pulau yang terbentang dari Pulau Weh sampai Marauke. Masiah ada 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Luas daratan negara kepulauan ini mencapai 1.922.570 km². dan luas wilayah perairannya mencapai 3.257.483 km².

  • Pulau Terkecil
Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia. Pulau ini sebelumnya disebut sebagai Pulau Kelapa Tua yang terletak di Teluk Mak Jantu, tepatnya di kawasan Taman Pulau Singka, Singkawang. Pulau Simping terdiri dari pasir dan batu, dan beberapa poho diatasnya. Di dalam pulau ini terdapat kelenteng tempat orang-orang keturunan Cina memanjatkan doa.
Gambar Pulau Simping


  • Samudra Terkecil
Samudra Artik adalah samudra terkecil di dunia. Samudra yang terletak dibelahan bumi utara ini juga termasuk samudra terdangkal. Bagian Samudra Artik banyak yang tertutup es sepanjang tahun. Luas samudra terkecil ini sekitar 14.056.000 km² dengan panjang garis pantai 45.389.000 km.  

  • Jembatan Terpanjang  
Jembatan terpanjang di dunia terletak di Danau Ponchartrain, Lousiana, New Orleans, Amerika Serikat. Panjang jembatan yang bernama Pontchartrain Causeway mencapai 38,42 km dengan jumlah tiang sebanyak 99.500 tiang.  

  • Jalan Paling Berliku
Jalan paling berliku di dunia berada di San Francisco, California, Amerika Serikat. Jalan yang menghubungkan bagian timur dan barat kota San Francisco. Jalan ini sangat terkenal dengan turunan, jalur satu arah, dan tikungan yang tajam.

Sumber :
Buku "146 yang ter... di Dunia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar